Keren, Kantor Barka Jabar Berhias Mural

Keren, Kantor Barka Jabar Berhias Mural

Senin, 29 Mei 2017 | 08:43 WIB
Salah satu mural di Kantor Barka Jawa Barat. aksara.co.id (andi)
AKSARA, Bandung – Tidak ada bendera partai politik pendukung. Pun tak terlihat slogan dan propaganda ajakan memilih Ridwan Kamil.

Ya, interior Kantor Baraya Ridwan Kamil (Barka) Jawa Barat justru dihiasi berbagai Mural Art. ‎Bangunan pusat koordinasi Jawa Barat ini terletak di Jalan‎ Batununggal 184 Bandung Kidul‎ Kota Bandung.

Meski ada di tengah Ruko yang berjajar, bangunan tiga lantai ini akan mudah dikenali. Sebab, di dinding depannya terpampang papan reklame ukuran besar dengan wajah Ridwan Kamil.

Saat AKSARA berkunjung, Minggu (21/5/2017), kantor anyar ini tampak lengang. Di dalamnya hanya ada beberapa relawan Barka yang sedang mempersiapkan segala sesuatu menjelang peresmian ‎kantor pusat ini.

Menapaki pintu, mata akan langsung menatap dinding bagian kiri‎. Di sana ada sebuah mural dengan wajah Ridwan Kamil. Kendati masih banyak gambar lain dalam ruangan ini, sketsa figur nomor satu kota Bandung ini akan lebih kuat menarik mata memandang.

“Karena kalau konsep Mural ini sudah menjadi identik Bandung, dan ini sendiri adalah gagasan Kang Emil,” ujar Presiden Barka Budi Zaboer Irawan kepada AKSARA, Minggu (21/5/2017).

Bukan tanpa alasan rupanya, Ridwan Kamil mengusulkan Mural menjadi hiasan di dinding kantor Barka.‎ Penyampaian pesan budaya yang dibalut kesan modern kosmo urban dengan tetap berpegang pada nilai  agamis adalah pertimbangannya.

Tengok‎ saja bentuk mural-mural yang terpampang mulai dari gambar ikon Jabar Gedung Sate dengan bingkai sebuah kubah yang terpancar dari tatapan tokoh wayang  Cepot, tentunya mengandung pesan tersendiri. Di satu bidang lain, mural sebuah bus Bandros berpenumpang Emil, Cepot dan semar juga tidak kalah menarik.

“Semuanya adalah seni kontemporer.Udah hampir sebulan pembuatannya dilukis sama anak seni rupa ISBI di Bandung. Besok Senin (22/5/2017) Insya Allah pembukaannya. Kang Emil nya sudah tahu dan sudah pernah ke sini beberapa minggu lalu,” papar Zaboer.

Tak melulu soal budaya mural, wajah penyanyi kawakan Jhon Lennon juga menghiasi interior Kantor Barka. Konsep ini sendiri, kata Budi, lahir dari pemberdayaan Ridwan Kamil terhadap talenta-talenta yang dulunya dianggap vandalisme karena mencoret sembarang tempat.

“Mural ini kan dulunya adalah vandalisme ‎karena tidak ada wadah. Tapi ketika ini diberdayakan sama dia (Ridwan Kamil), malah jadi unik dan menjadi identitas kota Bandung. Sekarang kita bisa lihat kaya ada sepanjang dinding jalan, gedung jadi bagus,”ujarnya.

Secara umum bangunan ini terbagai Ruko tiga lantai dengan luas bangunan 4×12 meter persegi. “Di lantai 1 kantor untuk pengurus harian, kalau lantai dua dan tiga itu untuk ruang rapat,” kata Budi.

Fransiskus X. Waja / gnr

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Senin, 12 Juni 2017 | 12:00 WIB

    Lukman: RUU PP Diupayakan Musyawarah Mufakat

  • Jumat, 9 Juni 2017 | 16:52 WIB

    PDIP Perpanjang Penjaringan Cagub Jabar

  • Selasa, 6 Juni 2017 | 14:00 WIB

    Tambahan Kursi DPR Harus bisa Atasi Persoalan di Daerah

  • Kamis, 1 Juni 2017 | 04:01 WIB

    1 Juni, Momen Kebangkitan Nilai Pancasila

  • Senin, 29 Mei 2017 | 08:46 WIB

    Barka Tasikmalaya Bagi-bagi Sembako Gratis