Ini dia 7 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

Ini dia 7 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

Senin, 5 Juni 2017 | 13:30 WIB
. ilustrasi: hellosehat.com
AKSARA, Bandung - Untuk menghilangkan ngantuk biasanya orang meminum kopi atau makan camilan supaya pikiran lebih segar, tetapi di bulan puasa tentu hal tersebut tidak bisa diakukan.

Pada saat puasa, siklus tidur berubah karena akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Jika tidak tidur lebih cepat, maka jam tidur akan berkurang rata-rata 40 menit. Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, hal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement). Maka, keesokan harinya akan mengantuk.

Selain itu, saat puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama berjam-jam mengakibatkan lemas dan mengantuk. Dikutip dari hellosehat.com, berikut 7 cara mengatasi ngantuk saat puasa.

1. Bergerak atau jalan kaki
Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguak bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi Anda hingga dua jam ke depan. Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

2. Tidur siang
Kalau rasa kantuk sudah tak tertahankan lagi, Anda bisa mencuri waktu barang sejenak untuk tidur siang. Namun, jangan tidur siang terlalu lama. Anda mungkin malah jadi semakin lemas karena jam biologis tubuh terganggu.

3. Ganti pemandangan
Bila seharian menghadap layar komputer terus, mata akan terasa lelah sehingga Anda jadi cepat mengantuk. Untuk itu, usahakan untuk mengganti pemandangan ketika kantuk menyerang. Alihkan pandangan Anda dari layar selama 20 detik. Ulangi terus setiap 20 menit. Hal ini akan membuat mata jadi lebih rileks dan segar.

4. Mengobrol
Bila Anda sedang di kampus atau di kantor, ajak rekan Anda untuk mengobrol sejenak guna mengatasi ngantuk saat puasa. Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi.

5. Nyalakan lampu atau cari sinar matahari
Rasa kantuk juga bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima mata Anda. Bila cahaya meredup, mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat sehingga Anda jadi mengantuk. Untuk itu, nyalakan lampu ruangan Anda atau carilah sinar matahari langsung, misalnya di luar ruangan.

6. Tarik napas dalam
Menarik napas dalam akan meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Hal ini bisa membantu menambah energi dan memicu aktivitas otak. Duduk atau berdiri dengan tegak dengan salah satu telapak tangan menempel pada perut Anda.

Kemudian, tarik napas sedalam-dalamnya lewat hidung. Saat menarik napas, pastikan perut Anda mengembang dan “terisi” dengan udara. Hembuskan perlahan lewat mulut Anda. Ulangi selama beberapa kali sampai pikiran Anda terasa lebih segar.  

7. Tidur cukup pada malam hari
Cegah ngantuk saat puasa dengan memastikan Anda cukup beristirahat setiap hari. Maka, usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya agar Anda tidak kurang tidur. Supaya tidurnya berkualitas, atur kamar Anda senyaman mungkin.

net / ayi

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Sabtu, 29 Juli 2017 | 13:47 WIB

    Ini Dia 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak di Sekolah

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 16:00 WIB

    Ini dia 9 Tips Mudik Aman dan Sehat

  • Senin, 12 Juni 2017 | 14:00 WIB

    Manfaat Daun Kersen untuk Asam Urat

  • Senin, 12 Juni 2017 | 13:00 WIB

    Ternyata Daun Belimbing bisa Meningkatkan Nafsu Makan

  • Sabtu, 10 Juni 2017 | 19:00 WIB

    Kenali Penyebab Stroke dengan 8 Hal Ini

  • Sabtu, 10 Juni 2017 | 16:00 WIB

    10 Cara Tradisional untuk Mengobati Sakit Maag

  • Jumat, 9 Juni 2017 | 08:30 WIB

    Wow, Messi Beli Hotel Bintang Empat