10 Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa

10 Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Kamis, 1 Juni 2017 | 21:30 WIB
. Ilustrasi foto: ruangsehat.net
AKSARA, Bandung - Selama berpuasa tubuh tidak akan mendapatk asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik.

Cara berpuasa yang sehat akan sangat mempengaruhi kebugaran dan stamina Anda selama berpuasa. Dilansir nuansapagi.com, berikut 10 cara menjaga kesehatan saat puasa.

1. Konsultasi Ke Dokter
Menjaga kesehatan saat puasa yang pertama ini ditujukan untuk Anda yang mempunyai gangguan atau masalah kesehatan. Sebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.

2. Sahur Dengan Makanan Bergizi
Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Hal ini sebagai salah satu cara menjaga stamina saat puasa.

Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa. Menyediakan menu sahur yang bergizi seimbang merupakan salah satu tips menjaga kesehatan saat puasa.

3. Hindari Makanan Berminyak
Cara menjaga kesehatan saat puasa yang ketiga adalah menghindari mengonsumsi makanan berminyak saat sahur. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen.

4. Memilih Aktifitas Fisik Yang Tidak Menyita Banyak Tenaga
Ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan yang dingin atau tempat teduh. Batasi pula aktivitas fisik agar Anda tidak mudah lelah.

5. Berbuka Puasa Dengan Makan Secukupnya
Berbuka puasa dengan makan secukupnya merupakan salah satu cara menjaga kesehatan saat puasa. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak akibatnya lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang.

Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.

6. Makanan Manis Saat Berbuka Secukupnya
Berbuka dengan sesuatu yang manis memang termasuk salah satu tips menjaga kesehatan saat berpuasa. Namun, banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari ‘berbuka dengan yang manis’.

Mengkonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

7. Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda
Pada saat makan malam, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan soda karena bisa buat Anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak.

Ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah. Dalam sehari Anda bisa minum 4-10 gelas air putih dan itu dibagi untuk buka dan sahur sebagai ganti teh, kopi, dan minuman bersoda.

8. Olahraga Ringan
Cara menjaga kesehatan saat puasa berikutnya adalah olahraga. Olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga.

Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat, minimal jalan santai yang biasanya banyak dilakukkan orang setelah sahur. Lakukan pula olahraga ringan saat malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.

9. Mengatur Pola Tidur Yang Cukup
Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting sebagai salah satu cara menjaga kesehatan saat puasa. Mengantuk ketika puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup.

Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Tidur malam yang baik diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh Anda untuk aktivitas di hari berikutnya. Kalaupun tidur malamnya masih tidak mencukupi, luangkan waktu 20-30 menit untuk melakukan power-nap di siang hari. Tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan bantu memulihkan energi Anda.

10. Membuat Perencanaan Makanan
Nah, setelah Anda mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari dan yang harus dikonsumsi selama bulan puasa Ramadhan, alangkah baiknya diikuti dengan membuat rencana menu makanan.

Selama bulan ramadhan, untuk menjaga kesehatan di bulan puasa buatlah perencanaan daftar makanan yang akan anda konsumsi sekeluarga secara rapi. Hal ini bertujuan agar anda tidak bingung menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap hari.

Gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang dan satu tips lagi, dalam berbuka dan sahur hindari Junk Food karena efeknya tidak baik untuk kesehatan.

net / ayi

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Sabtu, 29 Juli 2017 | 13:47 WIB

    Ini Dia 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak di Sekolah

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 16:00 WIB

    Ini dia 9 Tips Mudik Aman dan Sehat

  • Senin, 12 Juni 2017 | 14:00 WIB

    Manfaat Daun Kersen untuk Asam Urat

  • Senin, 12 Juni 2017 | 13:00 WIB

    Ternyata Daun Belimbing bisa Meningkatkan Nafsu Makan

  • Sabtu, 10 Juni 2017 | 19:00 WIB

    Kenali Penyebab Stroke dengan 8 Hal Ini

  • Sabtu, 10 Juni 2017 | 16:00 WIB

    10 Cara Tradisional untuk Mengobati Sakit Maag

  • Jumat, 9 Juni 2017 | 08:30 WIB

    Wow, Messi Beli Hotel Bintang Empat